Home / Konsultasi / Ustadz, Nongkrong itu boleh nggak sih?

Ustadz, Nongkrong itu boleh nggak sih?

Pertanyaan:

Ustadz, Nongkrong itu boleh nggak sih? Saya tiap malem selalu nongkrong di warkop deket kosan bareng temen-temen. Habis enak sih. Kalo di kosan sepi. Kalo di warkop rame. Kadang nonton bola bareng. Seru lah, stadz!

Nah akhir-akhir ini ada temen yang nge-share soal haramnya nongkrong. Saya jadi ragu. Bener nggak sih?

(hamba Allah)

***
Jawab:

Bismillahirrohmaanirrohiim

Makasih udah nanya ke kami. Soal nongkrong, intinya kan berkumpul bersama orang lain sambil ngobrolin sesuatu. Kalau nongkrongnya di warkop berarti sambil ngobrol dan ngopi atau njanjan. Kalau sejauh ini hanya berkumpul, ngobrol, dan ngopi, nggak ada masalah.

Yang menjadikan aktifitas nongkrong jadi nggak baik itu kalau kita nongkrong lalu melupakan kewajiban beribadah. Lupa shalat lima waktu. Trus, nongkrong jadi berpotensi dosa pas kita disitu ngobrolin hal-hal yang diharamkan, seperti ghibah atau ngomongin keburukan orang lain. Atau bisa juga ngomongin hal-hal yang negatif lainnya.

Kalau kamu bisa jadiin aktivitas nongkrongmu itu jadi aktifitas kebaikan, itu bagus. Misalnya di warkop bareng temen-temen tapi mendikusikan soal problem umat Islam. Tentang gimana nasib saudara-saudara kita di Palestina dan Suriah misalnya. Nah yang seperti itu jadi berpahala malah.

Jadi itulah batasannya. Nongkrong nggak lupa kewajiban ibadah, lamanya nggak berlebihan, dan mengajak bicara soal kebaikan.

InsyaAllah itu. Moga-moga nongkrongmu diberkahi Allah. Aamiin.*[]

Oleh: Tim Konsultasi Punk Muslim Surabaya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *