Home / Artikel / Inspirasi / SUB CHAOS ZINE Edisi 15 Dirilis! “Nevermind Jahiliyah, Let’s Go Hijrah!”
sub chaos zine edisi 15

SUB CHAOS ZINE Edisi 15 Dirilis! “Nevermind Jahiliyah, Let’s Go Hijrah!”

PUNKMUSLIM–Zine yang sudah lama ditunggu-tunggu umat punk di Indonesia akhirnya dirilis juga! Setelah 1 tahun lebih, edisi 14 dirilis, sang editor, Aditya Abdurrahman belum juga selesai merampungkan edisi ke-15 nya.

Ketika ditanya, kapan edisi 15 dirilis, beliau hanya menyampaikan bahwa dalam setahun kedepan akan fokus menulis buku lebih dulu, yaitu buku “Aku (Pernah) Punk” yang berhasil diterbitkan pada bulan Nopember 2017 lalu.

Setelah buku itu dirilis, akhirnya SUB CHAOS ZINE bisa langsung digarap lagi.

Edisi 15 ini, sengaja membahas tentang bagaimana besarnya gelombang hijrah dari kalangan musisi-musisi Underground di Indonesia. Menurut Aik, panggilan akrab Aditya Abdurrahman, fenomena ini adalah fenomena unik, yang mungkin hanya ada dinegeri-negeri mayoritas muslim seperti di Indonesia.

“Indonesia memang punya fenomena unik. Mungkin itu juga dirasakan sepeti di negeri-negeri lain tapi kita tidak tahu. Indonesia akhir-akhir ini banyak musisi rock yang berhijrah ke Islam. Mereka, orang-orang yang sebelumnya nggak kita bayangkan bakal totalitas berislam, eh sekarang ternyata berani mengambil keputusan itu. Padahal kita tahu, resikonya berat banget. Mereka bisa saja kehilangan popularitas yang sudah puluhan tahun mereka bangun.” Kata Aik.

Fenomena ini dituliskan Aik dalam tulisannya yang berjudul “Unstoppable Wave” di SUB CHAOS ZINE edisi 15 ini. Kemudian diikuti dengan tulisan berikutnya yang berjudul, “JANGAN KAU DUSTAKAN SUARA HATIMU…”

Menurut Aik, tulisan keduanya itu, bertujuan untuk mengajak siapapun yang melihat fenomena ini untuk berpikir. Bahwa ini bukan sekedar trend yang kemudian hari nanti akan surut dan menghilang. Tapi ini sebagai tanda-tanda kebangkitan Islam di akhir zaman.

“Fenomena ini adalah tanda-tanda akan kebangkitan Islam kembali. Sudah menjadi janji Allah bahwa ISlam akan kembali jaya ketika mendekat akhir zaman. Jadi inilah saatnya. Nah, tulisan saya kedua tersebut mengajak agar kita jangan mendustakan hati kita sendiri ketika melihat fenomena ini. Imani saja, lalu segeralah untuk mendekat kepada Allah Ta’ala.” jelas Aik.

Selain artikel-artikel yang dituliskan secara menarik oleh sang editor, masih ada 4 wawancara dengan tokoh dan komunitas dakwah pemuda di beberapa kota di Indonesia. Isinya keren banget. Karena tokoh-tokoh itu juga tokoh-tokoh yang masih aktif dalam scene punk dan underground lainnya.

Jangan lupa cari SUB CHAOS ZINE! Temukan mereka di Instagram dengan akun mereka @subchaoszine .*[]

Words: Kepet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *