Home / Galeri / Foto Doku / [Reportase] NGAJI BAR FUTSAL

[Reportase] NGAJI BAR FUTSAL

Kemarin, 1 April 2017, ba’da Isya sampai dengan pukul 21:00 WIB, Punk Muslim Surabaya bekerjasama dengan Sinergi Dakwah mengadakan acara NGAJI BAR FUTSAL.

Konsep acara ini adalah main futsal bareng antar komunitas-komunitas dakwah anak-anak muda dan komunitas-komunitas hijrah di kalangan pemuda di Surabaya. Setelah futsal selesai, kemudian acara dilanjutkan dengan ngaji bareng.

Saat itu tema ngaji yang diangkat adalah terkait dengan hikmah-hikmah dari permainan futsal dihubungkan dengan aktivitas dakwah. Materi kajian disampaikan oleh Sekretaris Sinergi Dakwah, mas Faruq Sulaeman dan Aditya Abdurrahman sebagai pembina Punk Muslim Surabaya.

“Saat main futsal kita mesti bagi tugas antar pemain. Ada yang jadi keeper, ada yang back, ada yang pemain tengah dan penyerang. Sama, dalam dakwah pun demikian. Ada komunitas dakwah yang bidang dakwahnya di masalah pemikiran Islam, sedangkan yang lain punya bidang lainnya seperti masalah pergaulan remaja, ngajakin ibadah, dan lain sebagainya.” kata mas Faruq bersemangat.

“Main futsal itu mirip banget dengan kondisi dakwah di dunia nyata. Satu contoh, kalau main futsal kita butuh pemanasan. Jangan langsung main. Karena kalau langsung main tanpa pemanasan akan mengakibatkan cedera. Sama, dalam dakwah juga harus ada pemanasan. Sebelum berdakwah wajib bagi kita untuk mempelajari ilmunya dan berlatih menyampaikan ilmu itu ke orang lain dalam skup yang lebih kecil dulu. Yang mudah-mudah, yang dekat-dekat saja dulu. Jangan langsung forum-forum besar. Kalau kita langsung forum besar, sedangkan keilmuan kita kurang, itu bisa beresiko kesalahan fatal, atau cedera.” jelas mas Aditya saat selesai futsal.

Ada sekitar 10 perwakilan komunitas dakwah muda yang hadir dalam acara tersebut. Diantaranya adalah Forum Lingkar Pena, KOmunitas Lentera Harapan, Komunitas Ukhuwah, Komunitas Punk Muslim, Syamil, Remas AlWahyu dan perwakilan dari Islamic Clothing United chapter Surabaya.

Acara tersebut adalah pertama kalinya diadakan. Rencananya akan terus diadakan sekali dalam sebulan. Melihat respon dan semangat para peserta yang datang ketika itu, menunjukkan bahwa dakwah ini perlu nuansa yang lebih menyenangkan dan bersemangat seperti ini.

Berikut adalah beberapa dokumentasinya:

WhatsApp Image 2017-04-01 at 9.04.41 PM
Ngaji Bar Futsal Punk Muslim Ngaji Bar Futsal Punk Muslim Ngaji Bar Futsal Punk Muslim

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *