Home / Konsultasi / Bolehkah Puasa Tapi Pacaran?

Bolehkah Puasa Tapi Pacaran?

Pertanyaan:

Om, nanya dong… Boleh nggak sih kita puasa tapi masih pacaran? Diterima nggak sih puasaku?

(hamba Allah)

****

 

Jawab:

Alhamdulillah udah nanya ke kami soal masalah pacaran dan puasa. Minimal rasa pengen tau hukumnya melakukan pacaran saat puasa itu sudah nunjukin kalau kamu pengen jadi lebih baik dan takut salah berbuat.

Gini, sebenernya kalau bulan Ramadhan tuh sebaiknya kita menghindari hal-hal yang bisa mengurangi atau bahkan menghilangkan pahala puasa kita. Soalnya sayang banget momentumnya. Ramadhan itu adanya setahun sekali. Didalamnya kita tau kalau dibulan ini dianjurkan banyak-banyak taubat dari maksiat, supaya dosa kita diampuni. Bukan malah nambah potensi dosa yang baru.

Lagipula pacaran itu kan rawan banget menjurus ke zina. Misal, pas kamu berduaan, pasti syetan ikutan bisikin kamu untuk berbuat yang nggak-nggak. Pas kamu boncengan naik motor sama pacar kamu, berapa kali kalian bersentuhan. Belum lagi kalau model boncengannya sambil dipeluk dari belakang. Aduuh… Bahaya banget dah pokoknya. Itu yang bikin puasa kita rusak dan nggak dapetin apa-apa selain lapar dan dahaga.

Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda:

Betapa banyak orang yang berpuasa namun dia tidak mendapatkan dari puasanya tersebut kecuali rasa lapar dan dahaga.” (HR. Ath Thobroni)

Kenapa kok cuma lapar dan dahaga? Karena pahalanya hilang gara-gara perbuatan-perbuatan dosa yang dilakukan selama berpuasa. Naudzubillah…

Semoga kamu dikasih kemantapan untuk memutuskan keputusan yang terbaik. Aamiin.*[]

Oleh: Tim Konsultasi Punk Muslim Surabaya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *