Home / Artikel / Gudang Ilmu / Apa Hebatnya Puasa?

Apa Hebatnya Puasa?

Banyak orang tuh kalau puasa nggak sepenuh hati gara-gara nggak ngerti dimana letak kehebatan dari ibadah yang satu ini. Jangankan puasa yang sunnah, puasa Ramadhan aja banyak nggak sepenuh hati menjalankannya karena nggak ngerti potensi kebaikan apa yang diberikan Allah Swt dalam ibadah ini. Berikut beberapa kehebatan dari ibadah puasa:

  1. Puasa bisa jadi pengontrol nafsu syahwat

Rasulullah Saw bersabda, “Wahai para pemuda, barangsiapa diantara kalian sudah mampu, maka hendaklah dia menikah. Karena manikah dapat menjaga pandangan dan memelihara kemaluan. Dan barangsiapa yang tidak mampu untuk menikah, maka hendaklah dia berpuasa, karena puasa itu bisa menjadi perisai baginya.” (Muttafaqun alaih)

Seorang ulama bernama Ibnu Qoyyim juga pernah jelasin hikmah puasa, “Tujuan puasa adalah mengekang diri dari hawa nafsu, untuk mendapatkan kesenangan dan kenikmatan hakiki serta kehidupan yang suci dan abadi, turut merasakan lapar da dahaga yang teramat sangat, agar peka terhadap rasa lapar kaum fakir miskin, mempersempit jalan syetan dengan mempersempit jalur makan dan minum, mengontrol kekuatan tubuh yang begitu liar karena pengaruh tabiat sehingga membahayakan kehidupan dunia-akhirat, menenangkannya masing-masing organ dan setiap kekuatan dari keliarannya, dan menali-kendalinya. Sebab puasa merupakan tali kendali dan perisai bagi orang-orang yang bertakwa serta penggemblengan diri bagi orang-orang yang ingin mendekatkan diri kepada Allah Swt.”

  1. Puasa bikin dosa terhapus

Ini dijelasin Rasulullah Saw dalam haditsnya, “Barangsiapa yang berpuasa Ramadhan karena iman dan mengharap pahala dari Allah Swt, niscaya diampuni dosa-dosanya telah lalu.” (Muttafaqun alaih)

Siapa diantara kita yang nggak punya dosa? Siapapun pasti nggak ada yang bisa luput dari yang satu itu. Maka dari itu kita butuh amalan-amalan yang bisa menghapusnya. Nah, itulah hebatnya puasa!

  1. Puasa bisa ngasih syafa’at (pertolongan) di akhirat nanti

Rasulullah Saw bersabda: “Puasa dan Al-Quran itu akan memberikan syafaat kepada seorang hamba pada hari kiamat nanti. Puasa akan berkata,”Wahai Rabb-ku, saya telah menahannya dari makan dan nafsu syahwatnya, karena itu perkenankanlah aku untuk memberikan syafaat kepadanya.” Dan Al-Quran berkata: “Saya telah melarangnya dari tidur pada malam hari, karenanya perkenankanlah aku untuk memberi syafaat kepadanya.” Beliau Saw bersabda: “Maka syafaat keduanya diperkenankan.” (HR. Al-Hakim, Ahmad, Abu Nu’aim dengan sanad Hasan)

Dari hadits diatas jelas kalau ntar waktu kita di akhirat, Allah Swt akan jadiin amal puasa kita (dan hafalan al-Quran) suatu makhluk yang bisa berkata, memberi kesaksian dan menolong kita saat Hari Kiamat. Luar biasa bukan?

  1. Puasa bisa jadi perisai dan pembebas kita dari api neraka.

Rasulullah Saw bersabda, “Puasa adalah perisai yang dapat melindungi diri seorang hamba dari api neraka” (HR. Ahmad)

Dalam hadits lainnya, Rasulullah Saw bersabda, “Sesungguhnya setiap hari Allah Swt membebaskan beberapa orang dari api neraka yaitu pada bulan ramadhan dan sesungguhnya bagi setiap orang muslim, apabila memanjatkan doa, maka pasti dikabulkan.” (HR. Bazzar, Ahmad, Ibnu Majah).

Siapa diantara kita yang berani nyobain panasnya neraka meski cuman dikit? Pasti nggak ada. Lalu siapa diantara kita yang mau dibebaskan dari siksa neraka yang pedihnya luar biasa itu? Pasti semuanya mau. Nah, ibadah puasa dan adanya bulan Ramadhan ini benar-benar cara paling murah dan mudah dari Allah Swt buat terbebas dari siksa neraka. Allah Swt kurang baik coba?

  1. Puasa bisa jadi sarana kita mendapatkan 2 kebahagiaan.

Dalam hadits qudsi Allah Swt berfirman, “Bagi orang yang melaksanakan puasa ada dua kebahagiaan; kebahagiaan ketika berbuka dan kebahagiaan ketika bertemu dengan Rabbnya.” (Muttafaqun alaih)

Berbuka puasa memang kebahagiaan dunia yang selalu kita tunggu-tunggu saat berpuasa. Makanan yang sederhana sekalipun ketika berbuka terasa sangat nikmat. Itu masih belum apa-apa, kelak di akhirat akan ditambah lagi kenikmatan yang tak tergambarkan ketika kelak kita bisa berjumpa dengan Allah Swt. Subhanallah…

  1. Puasa bisa jadi sarana kita masuk surga

Sebagaimana hadits dari Abu Umamah Ra., ia berkata: “Aku bertanya kepada Rasulullah Saw: “Wahai Rasulullah, tunjukkan kepadaku suatu amalan yang dapat memasukkan aku ke dalam surga?” Maka Rasulullah Saw menjawab: “hendaklah kamu berpuasa, karena puasa itu (pahalanya) tidak ada tandingannya.” (HR. An-Nasa’i, Ibnu Hibban, Al-Hakim)

Bahkan, Allah menyediakan pintu surga yang khusus untuk orang-orang yang ahli puasa yang dinamakan Ar-Rayyan. Sebagaimana sabda Rasulullah Saw: “Sesungguhnya didalam surga itu terdapat satu pintu yang diberi nama ar-Rayyan. Dari pintu tersebut orang-orang berpuasa akan masuk dihari kiamat nanti dan tidak seorangpun yang masuk dari pintu tersebut kecuali orang-orang yang berpuasa. Dan apabila mereka telah masuk, maka pintu itu ditutup sehingga tidak ada seorang pun yang masuk melalui pintu tersebut, (apabila orang yang paling terakhir diantara mereka (ahli puasa) sudah masuk, maka pintu itu akan ditutup. Dan barang siapa yang sudah masuk, dia akan minum dan barangsiapa sudah minum maka dia tidak akan pernah haus selamanya).” (HR. Bukhari, Muslim, dan tambahan dalam kurung adalah riwayat Ibnu Khuzaimah)

  1. Puasa ibadah yang nggak ada bandingnya (dari sisi keutamaannya).

Sama seperti dalil pada poin ke 6, Rasulullah mengatakan kalau puasa itu ibadah yang nggak ada tandingannya, khususnya dari sisi keutamaannya yang begitu banyak. Kehebatan-kehebatan ibadah puasa diatas nggak cuma berlaku buat puasa Romadhon aja, tapi seluruh puasa yang diajarkan dalam Islam, meskipun hukumnya sunnah. Nah, kalau yang sunnah aja udah wow gitu, apalagi yang wajib seperti puasa Romadhon.*[]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *