Home / About Us

About Us

Mungkin saja kalian bertanya-tanya apa itu Punk Muslim. Semoga penjelasan kami dalam FAQ (Frequently Asked Question) ini cukup memberikan informasi kepada kalian:

  1. Apa sih Punk Muslim itu?
    Nama “Punk Muslim” sebenarnya adalah sebuah komunitas punk yang bermarkas di Jalan Swadaya, Pulogadung, Jakarta Timur, yang bertekad menerapkan Islam dalam kehidupan sehari-hari. Pada awalnya memang Punk Muslim pergerakannya hanya ada di Jakarta, namun mulai tahun 2015 ini gerakan Punk Muslim sudah mulai diadakan di Surabaya dan sekitarnya.
  2. Siapa saja yang menjadi anggota dalam komunitas ini?
    Didalam Punk Muslim tidak menggunakan istilah “anggota” untuk para partisipannya. Tidak ada pendaftaran khusus bagi orang yang ingin bergabung bersama kami. Cukuplah bagi siapapun yang ingin bergabung dengan mengikuti setiap program-program komunitas kami, seperti PUNKAJIAN dan beberapa pembinaan lanjutan. Selama ini Punk Muslim di Jakarta lebih difokuskan untuk membinaan bagi komunitas punk jalanan (street punk), sedangkan di Surabaya lebih pada pembinaan untuk anak-anak muda yang menjadi pecinta seni, seperti seni musik dan seni visual (komik, ilustrasi, mural, grafiti, dll).
  3. Apa saja kegiatan yang dilakukan oleh Punk Muslim?
    Pertama, mengadakan pendekatan personal kepada anak-anak muda untuk mau kembali kepada ajaran Islam. Kedua, mengadakan kegiatan ibadah bersama seperti buka puasa bareng, ngaji bareng, tarawih bareng, iktikaf bareng, dan sejenisnya. Ketiga, melakukan kegiatan sosial, seperti kerja bakti, membersihkan masjid/musholla, penggalangan dana untuk korban-korban bencana didalam negeri maupun di luar negeri seperti di Palestina, Suriah, Rohingya, Afrika Tengah, dll. Keempat, mengadakan event-event pameran karya seni yang dihasilkan oleh para partisipan Punk Muslim. Biasanya kegiatan ini dilakukan saat ada event-event kajian umum yang menyediakan area untuk pameran. Kelima, membuka lapak alias berjualan produk yang merupakan hasil karya para partisipan Punk Muslim. Kegiatan ini merupakan salah satu upaya untuk mendidik kemandirian (do it yourself) agar bisa memiliki kekuatan di sektor ekonomi.
  4. Mengapa menggunakan istilah “Punk Muslim”? Bukankah Punk tidak ada hubungannya dengan agama?
    Penggunaan istilah Punk Muslim sebenarnya hanya untuk mewakili spirit anak-anak muda yang gemar melawan kemungkaran serta mengajak melakukan hal-hal positif. Punk disini bukan sesempit definisi punk yang terbatas dengan musik punkrock, rambut mohawk, sepatu boots dan jaket kulit, tapi lebih pada pengertian yang lebih pada esensi didalamnya, yaitu perlawanan. Sedangkan kata “Muslim” dipakai karena faktanya mayoritas mereka adalah muslim (beragama Islam) yang ingin kembali dekat dengan ajaran Islam.
  5. Apakah Punk Muslim menganut “Islam Garis Keras” yang suka membid’ah-bid’ahkan dan mengkafirkan orang lain?
    Sama sekali tidak. Dakwah kami di Punk Muslim lebih fokus pada mengajak daripada menghakimi orang lain. Lagipula label “Islam garis keras” sebenarnya bukanlah label yang berkonotasi negatif, karena ber-Islam memang harus militan, asalkan tidak berdakwah dengan cara yang kasar dan tidak menyebabkan orang lain benci terhadap Islam.
  6. Apakah Punk Muslim sama/mirip dengan komunitas yang mengaku sebagai punk Islam di Amerika bernama “Taqwacore”?
    Tidak! Kami adalah komunitas punk yang bertekad menjadikan Al-Quran dan As-Sunnah sebagai landasan hidup kami dan sumber hukum atas segala permasalahan hidup. Sangat berbeda dengan Taqwacore di Amerika yang justru lebih banyak menjadikan Al-Quran dan As-Sunnah sebagai bahan olok-olokan. Mereka bukan tunduk dan patuh kepada hukum Allah Ta’ala, tapi justru berbuat seenaknya dengan mencari pembenaran melalui interpretasi terhadap Al-Quran dan Hadits secara liberal. Maka dari itu, kami sangat menentang penistaan yang dilakukan Taqwacore!
  7. Bagaimana cara melakukan kontak dengan Punk Muslim?
    Punk Muslim Jakarta = 08976101810
    Punk Muslim Surabaya = 085648102433
    email: ihatesmoke99@gmail.com